Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan

NATIDJAH, and Sukartiningsih, Wahyu and Aisyah, Siti (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44122.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi awal diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika rendah di bawah mata pelajaran lain. Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Rata-rata hasil belajar Matematika siswa SD Negeri Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu pada semester Genap tahun PELAJARAN 2017/2018 hanya mencapai 74 paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Pencapaian motivasi dan hasil belajar Matematika yang masih rendah itulah perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes formatif, angket, dan observasi yang selajutnya dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa value untuk uji t dengan asumsi varians sama bernilai sebesar 0,420. Nilai tersebut lebih besar dari alpha 5%, sehingga menghasilkan keputusan gagal tolak Ho, maka dapat diindikasi bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara kelas control dan kelas eksperimen. Model pembelajaran inkuiri tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Hasil dari pengujian paired-t satu arah menunjukkan bahwa p-value bernilai 0.000, ni1ai tersebut Kurang dari alpha 5%, sehingga menghasilkan keputusan tolak H0. Rata-rata nilai post-test jauh lebih tinggi daripada pre-test. Model Pembelajaran Inkuiri merpengaruh efektif terhadap penguasaan kompetensi dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44122.pdf
Uncontrolled Keywords: motivation, mathematic results, inquiry learning model, motivasi, hasil belajar, model pembelajaran inkuiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:54
Last Modified: 27 Jul 2022 04:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9880

Actions (login required)

View Item View Item