NATIDJAH, and Sukartiningsih, Wahyu and Aisyah, Siti (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44122.pdf Download (18MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil refleksi awal diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika rendah di bawah mata pelajaran lain. Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan juga menakutkan. Rata-rata hasil belajar Matematika siswa SD Negeri Doyomulyo Kecamatan Kembangbahu pada semester Genap tahun PELAJARAN 2017/2018 hanya mencapai 74 paling rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Pencapaian motivasi dan hasil belajar Matematika yang masih rendah itulah perlu dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes formatif, angket, dan observasi yang selajutnya dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan analisis data dapat diketahui bahwa value untuk uji t dengan asumsi varians sama bernilai sebesar 0,420. Nilai tersebut lebih besar dari alpha 5%, sehingga menghasilkan keputusan gagal tolak Ho, maka dapat diindikasi bahwa tidak ada perbedaan motivasi belajar antara kelas control dan kelas eksperimen. Model pembelajaran inkuiri tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Kecamatan Kembangbahu Kabupaten Lamongan. Hasil dari pengujian paired-t satu arah menunjukkan bahwa p-value bernilai 0.000, ni1ai tersebut Kurang dari alpha 5%, sehingga menghasilkan keputusan tolak H0. Rata-rata nilai post-test jauh lebih tinggi daripada pre-test. Model Pembelajaran Inkuiri merpengaruh efektif terhadap penguasaan kompetensi dan prestasi belajar matematika.
Actions (login required)
View Item |