Pengaruh Strategi Experiential Learning (Outdoor dan Indor) Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pinang

CHRISTIAN, ERICA WAHYU and Tarihoran, Naf’an and Sapriati, Amalia (2019) Pengaruh Strategi Experiential Learning (Outdoor dan Indor) Dan Gender Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pinang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44158.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD. Alasan diambil mata pelajaran IPA dalam penelitian ini adalah karena pelajaran IPA merupakan bagian dari pelajaran yang diujikan secara Nasional dan masih banyak siswa yang mendapat nilai kurang memuaskan di Ujian Nasional. Materi ekosistem dengan subtema rantai makanan dianggap memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, sehingga strategi experiential learning dianggap sesuai untuk diterapkan pada materi ini. Penelitian ini disusun dengan menggunakan eksperiment design karena penelitian ini dilakukan secara langsung dan hasil yang didapat merupakan data asli dari lapangan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini d.iambil dari 30 siswa outdoor dan 30 siswa indoor pada siswa laki-laki. dan perempuan. Variabel independen pada penelitian ini adalah experiential/earning (outdoor dan indoor) dan gender. Sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar IPA. Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif. Perangkat lunak yang digunakan untuk: analisis adalah SPSS. Untuk menentukan hasil dalam penelitian ini menggunakan Anova Dua Jalur (Two Way Anova) jika terdapat interaksi antara dua variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa anatara siswa yang diajarkan experiential learning outdoor dengan siswa yang diajarkan experiential/earning indoor dengan hasil signifikan Frutung > Ftabe1 yaitu 31,461 > 4,013. Untuk perbedaan hasil belajar diperoleh hasil signifikan Frutung > Ftabet yaitu 31,461 > ~,013 yang berimplikasi terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi experiential learning (outdoor dan indoor) dan gender memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Dengan demikian peran guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sangat penting agar siswa bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga basil belajar dapat dicapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44158.pdf
Uncontrolled Keywords: Experiential Learning, Gender, Student Learning Outcomes, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Jul 2022 08:17
Last Modified: 28 Jul 2022 02:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

View Item View Item