HASIBUAN, HUSNIATI and Bangun Harahap, Mara and Rokhiyah, Isti (2018) Perbedaan Hasil Belajar IPA Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Di Kelas V SDN 200101 Padangsidimpuan. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43919.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganialisis hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluriili siswa ketas V di SDN 200101 Padangsidimpuan. Teknik penentuan sampel menggunakan Sampel Jenuh sehingga ditentukan subjek penelitian dua kelas yaitu kelas VA dan VB. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar IPA. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan basil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning dan Discovery Learning; dan (2) peningkatan basil belajar IPA siswa setelah diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar dibandingkan Discovery Learning. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning lebih mampu memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi Lpa dari pada Discovery Learning.
Actions (login required)
View Item |