Susilowati, (2022) Efektivitas Model Problem Based Learning Bemuansa Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
40131-23 cover.pdf Download (46kB) |
Abstract
Kemampuan memahami bacaan siswa memengaruhi prestasi akademiknya. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan, salah satunya disebabkan penerapan metode pembelajaran konvensional. Upaya meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan, dengan menerapkam model problem based learning. Penelitian ini bertujuan menganalisis peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan menganalisis keefektivan model problem based learning bernuansa budaya lokal terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Penelitian ini mengambil populasi siswa SD kelas III Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo. Sampel dipilih secara acak dengan Teknik Cluster Random Sampling. 17 siswa SDN Trimulyo sebagai kelas eksperimen dan 18 siswa SDN Mulyosari sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara,observasi, dan tes. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 23. Data di analisis menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-test (uji-t). Hasil analisis menggunakan paired sample t-test ( uji-t) menghasilkan nilai signiflkansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning bemuansa budaya lokal dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Hasil analisis menggunakan independent sample t-test (uji-t) menghasilkan nilai signiflkansi sebesar 0,004 (0,004 < 0,05),maka dapat disimpulkan bahwa model problem based learning bemuansa budaya lokal efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SD Negeri Gugus Sultan Nuku Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 40131-23.pdf |
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based Learning, Local Culture, Reading Comprehension Skill, Model Problem Based Learning, Nuansa Budaya Lokal, Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.8 Other StudiesĀ for Elementary Education (Lain-lainĀ untuk Pendidikan Dasar) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 02:45 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 02:45 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/10427 |
Actions (login required)
View Item |