Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis siswa SMPN 1 Banjar Margo

Saptunah, (2015) Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis siswa SMPN 1 Banjar Margo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
41903.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematis dan kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan kognitif yang harus dimiliki siswa, namun pembelajaran di sekolah belum banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kedua kemampuan ini. Pembelajaran dengan pendekatan Contextual teaching and Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang dapat menjadi altematif solusi permasalahan tersebut. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain non-ekiva/en groups pretest-posttest design dengan menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian adalah siswa SMPN I Banjar Margo, instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis dan komunikasi matematis serta skala sikap. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika tradisional; 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika tradisional; 3) Kemarnpuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika tradisional; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika tradisional; 5) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning menunjukkan respon yang positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 16/41903.pdf
Uncontrolled Keywords: mathematical connections, mathematical communication, Contextual Teaching and Learning (CTL), Koneksi matematis, Komunikasi matematis, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 373.236 Lower Level Secondary School (Sekolah Menengah Pertama, SMP)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Sep 2016 07:16
Last Modified: 30 Jul 2019 09:30
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item