Pengembangan Media Pembelajaran Catur Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar

Pakpahan, Sondang Purnamasari and Sapta, Andy (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Catur Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Project Report. Universitas Terbuka, Medan.

[img]
Preview
Text
2014_239.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkalian merupakan materi dalam pembelajaran matematika yang penting, sebab materi ini banyak terkait dengan materi yang lain dalam matematika. Namun dalam penyampaian materi perkalian terdapat kesulitan dalam metode pembelajaran maupun dalam pengadaan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan media pembelajaran pada materi perkalian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan penguasaan materi perkalian yang diharapkan dapat memecahkan masalah rendahnya penguasaan perkalian siswa Sekolah Dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan catur matematika sebagai media pembelajaran. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran catur matematika memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional, hal ini dibuktikan oleh t hitung = 4,86 > t tabel = 1,65 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil pendistribusian angket juga menunjukkan respon positif dari siswa dan guru. 100$ siswa menyatakan materi perkalian melalui penggunaan media pembelajaran catur matematika menarik dan 80% diantaranya menyatakan materi perkalian menjadi lebih mudah dipahami. 100% guru berpendapat penyajian materi perkalian melalui media pembelajaran catur matematika menarik dan dapat diterapkan dikelas mengajar mereka.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information (ID): 2014_239
Uncontrolled Keywords: catur matematika, perkalian, media pembelajaran
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (Berhitung untuk Pendidikan Dasar)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Thesis,Disertasi & Penelitian > Penelitian
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 07 Nov 2016 06:46
Last Modified: 29 May 2020 03:31
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/5691

Actions (login required)

View Item View Item