Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Siswa Gifted Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Rizkiyatusnaini, (2016) Analisis Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Siswa Gifted Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
42964.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran dan komunikasi siswa gifted learner dan gifted underachievement adalah beragam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran dan komunikasi mereka dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis eksploratif. Subjek penelitian adalah dua siswa gifted learner dan dua siswa g[fted underachievement di kelas akselerasi SMA Unggulan Hafsyawati Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan lembar masalah matematika dan pedoman wawancara yang valid. Untuk menganalisis kemampuan penalaran dan komunikasi mereka dalam menyelesaikan masalah geometri, peneliti mengaplikasikan empat langkah pokok penyelesaian masalah Polya dan menggabungkannya dengan indikator penalaran dan komunikasi yang disusun berdasarkan Permendikbud RI No. 59 tahun 2014 dan implementasi Teori Van Hiele dalam pembelajaran geometri. Berdasarkan hasil penelitian tersebut tampak bahwa dalam menyelesaikan masalah geometri. siswa gifted learner telah mampu menguasai seluruh indikator penalaran yaitu mampu memahami masalah, mengorganisasi data, memilih informasi yang relevan dalam mengidentifikasi masalah. memilih pendekatan dan strategi yang tepat untuk memecahkan masalah. menggunakan atau mengembangkan strategi pemecahan masalah, menafsirkan hasil jawaban yang diperoleh untuk memecahkan masalah, serta menganalisis dan mengevaluasi strategi yang telah diterapkan dan hasil yang diperoleh. Siswa gifted learner juga telah mampu menguasai seluruh indikator komunikasi, yaitu mampu memahami dan menyajikan ide-ide matematis secara lisan, tertulis, dan gambar,mampu membuat dugaan matematis. mampu memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pemyataan, dan mampu memeriksa kesahihan atau kebenaran suatu argumen dalam matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah geometri, siswa gifted underachievment belum sepenuhnya menguasai indikator kemampuan penalaran dan komunikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 42964.pdf
Uncontrolled Keywords: Gifted Students, Reasoning and Communication, Van Hiele Theory,Geometry Problems, Polya Troubleshooting Steps, Siswa Gifted, Penalaran dan Komunikasi. Teori Van Hiele, Masalah Geometri, Langkah Penyelesaian Masalah Polya.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Jun 2018 06:41
Last Modified: 06 Jun 2018 06:41
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item