Reduksi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal ICAS Dengan Pemberian Teknik Scaffolding Berdasarkan Hasil Pemetaan Kognitif

Yunus, Arrizal Muhaemin (2017) Reduksi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal ICAS Dengan Pemberian Teknik Scaffolding Berdasarkan Hasil Pemetaan Kognitif. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43048.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB) | Preview

Abstract

The International Competitions and Assessments for Schools (ICAS) adalah program keterampilan berbasis penilaian independen dan memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi. SD Islam Al-Azhar BSD adalah peserta dalam kompetisi ICAS. Mulai tahun2013 sampai 2015 selisih antara nilai rata-rata peserta SD Islam Al-Azhar BSD dari kelas IV, V, dan VI dengan nilai !CAS regional di Indonesia berkisar dari 5 sampai 6 pada skala 10, terutama pada kelas V, nilai ICAS bidang space and geometry hanya mencapai 2,9 dari nilai 10. Dengan demikian perlu dilakukan diagnosis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri di ICAS melalui teknik scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mixed methods. Subj ek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa yang diambil dari 32 siswa kelas VE SD Islam Al-Azhar BSD. Validitas basil uji coba test ICAS berkisar antara 0,2 sampai 0,6 dengan reliabilitas sebesar 0,66. Hasil penelitian rnenunjukkan reduksi atau pengurangan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika ICAS year 5 setelah mendapatkanteknik scaffolding berdasarkan hasil pemetaan. kognitif. Beberapa kesimpulan yang didapat diantaranya adalah: (1) Banyaknya jawaban siswa yang salah pada saat test diagnostik awal dan test diagnostik akhir memiliki selisih 20 soal; (2) Terjadi pengurangan atau reduksi pada rata-rata score jawaban siswa yang salah sebesar 65%; (3) Dari 9 orang subjek penelitian yang mendapatkan teknik scaffolding berdasarkan pemetaan kognitif, ada 6 subjek yang mengalarni reduksi kesulitan lebih dari 50%, sedangkan 3 subjek lain mengalami reduksi kesulitan kurang dari 50%. (4) Hasil perhitungan uji-t berpasangan 9 subjek adalah 5,121 dengan nilai Sig. 0,001. Dengan demikian teknik scaffolding yang dilakukan kepada subjek penelitian rnemiliki dampak yang baik untuk mengurangi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal geometri ICAS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43048.pdf
Uncontrolled Keywords: ICAS, Kesulitan Siswa, Scaffolding, Pemetaan Kognitif, Student Difficulties, Scaffolding, Cognitive Mapping
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 19 Nov 2018 08:59
Last Modified: 19 Nov 2018 08:59
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7618

Actions (login required)

View Item View Item