Kualitas Kompetensi Profesional Guru Kelas Pada Pembelajaran Matematika Serta Interaksi Belajar Mengajar (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kaligandu Serang)

Sunarsih, (2018) Kualitas Kompetensi Profesional Guru Kelas Pada Pembelajaran Matematika Serta Interaksi Belajar Mengajar (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kaligandu Serang). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43416.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi profesional guru pembelajaran matematika dalam interaksi belajar mengajar di kelas V SD Negeri Kaligandu Serang. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif . Data yang digunakan sebagai sumber penelitian ini terdiri dari: Kepala sekolah dan guru pembelajaran matematika sebagai informan, SDN Kaligandu sebagai tempat penelitian, dokumen sebagai arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Pemeriksaan validitas data menggunakan triangulasi mengfungsikan penggunaan sumber dan metode. Untuk teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis mengalir dan interaktif, dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data saling berkaitan dan tidak terpisahkan, sedangkan prosedur penelitian di mulai dari tahap pra lapangan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data kemudian tahap penulisan laporan. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa guru memiliki kemampuan membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan penilaian, menguasai materi, memilih dan menggunakan metode, memilih dan membuat sumber media, pengelolaan kelas, melaksanakan interaksi belajar mengajamya membuka pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dan menutup pembelajaran dengan evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa guru kelas V sudah memenuhi seluruh indikator kompetensi profesional guru, namun ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu dalam meningkatkan keprofesioanalannya membuat penelitian seperti PTK.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43416.pdf
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, professional guru, interaksi, Professional, Competence, Interaction
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching (Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 650-659 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 658.4013 Control and Quality Management (Manajemen Kontrol dan Kualitas)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 10 Dec 2018 02:07
Last Modified: 10 Dec 2018 02:07
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item