Sunarsih, (2018) Kualitas Kompetensi Profesional Guru Kelas Pada Pembelajaran Matematika Serta Interaksi Belajar Mengajar (Studi Kasus di Kelas V SD Negeri Kaligandu Serang). Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43416.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi profesional guru pembelajaran matematika dalam interaksi belajar mengajar di kelas V SD Negeri Kaligandu Serang. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif . Data yang digunakan sebagai sumber penelitian ini terdiri dari: Kepala sekolah dan guru pembelajaran matematika sebagai informan, SDN Kaligandu sebagai tempat penelitian, dokumen sebagai arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Pemeriksaan validitas data menggunakan triangulasi mengfungsikan penggunaan sumber dan metode. Untuk teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis mengalir dan interaktif, dimana reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data saling berkaitan dan tidak terpisahkan, sedangkan prosedur penelitian di mulai dari tahap pra lapangan, tahap pengumpulan data, tahap analisis data kemudian tahap penulisan laporan. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa guru memiliki kemampuan membuat perencanaan pembelajaran, melaksanakan penilaian, menguasai materi, memilih dan menggunakan metode, memilih dan membuat sumber media, pengelolaan kelas, melaksanakan interaksi belajar mengajamya membuka pelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dan menutup pembelajaran dengan evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa guru kelas V sudah memenuhi seluruh indikator kompetensi profesional guru, namun ada satu indikator yang belum terpenuhi yaitu dalam meningkatkan keprofesioanalannya membuat penelitian seperti PTK.
Actions (login required)
View Item |