Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya dan Prakarya Dengan Pendekatan Tematis Berbasis Tari Nyonjhung Topeng untuk Kelas 5 Sekolah Dasar di Kabupaten Situbondo

Hidayat, Rachmat (2019) Pengembangan Bahan Ajar Seni Budaya dan Prakarya Dengan Pendekatan Tematis Berbasis Tari Nyonjhung Topeng untuk Kelas 5 Sekolah Dasar di Kabupaten Situbondo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43841.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Pendidikan Seni di Sekolah Dasar biasa disebut Seni Budaya dan Prakarya. Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya ini memuat seni rupa, seni kerajinan, seni tari, seni teater dan juga seni musik. Dalam kurikulum 2013 pun menjadi kesatuan yang sangat penting karena dapat menggerakan kompetensi inti keterampilan, sehingga siswa dirasakan perlu untuk memahami dan memiliki keterampilan. Dalam kurikulum 2013 semua kompetensi pun harus muncul yang diharapkan siswa memiliki skill dan karakter tinggi dan mengenal budaya yagn ada di daerah masing-masing bahkan budaya dari Indonesia itu sendiri. SD Negeri 1 Curahjeru adalah sekolah dasar diberikan kepercayaan oleh dinas pendidikan sebagai salah satu sekolah percontohan implementasi kurikulum 2013. Implementasi kurikulum 2013 ini sementara untuk kelas I dan kelas IV saja. Dengan mengikuti amanat kurikulum 2013 SD Negeri 1 Curahjeru telah menerapkan pendekatan saintifik pada pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan pola (ematik terpadu inilah, maka buku-buku siswa di jenjang SD tidak Jagi dibuat berdasarkan mata pelajaran, tapi berdasarkan tema yang merupakan gabungan dari beberapa mata pelajaran yang relevan dengan kompetensi yang telah ditentukan pada jenjang pendidikan itu. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D), merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk-produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Berdasarkan paparan data dan deskripsi hasil penelitian tentang keefektifan pengembangan bahan ajar SBDP kelas 5 melalui pendekatan tematis pada tari nyonjhung topeng di SD Negeri I Curahjeru Panji Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43841.pdf
Uncontrolled Keywords: Student Material of SBDP, On Mask Nyonjhung Dance Bahan Ajar SBDP Kelas 5, Melalui Pendekatan Tematis, Pada Tari Nyonjhung Topeng
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 01 Nov 2019 07:05
Last Modified: 04 Nov 2019 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8775

Actions (login required)

View Item View Item