Efektifitas Peer Guidance untuk Meningkatkan Efikasi Diri, Aktivitas dan Kedisiplinan Belajar Mandiri Siswa di SMP Hati BBS Kraksaan Probolinggo

Sukaningtyas, Nuraini (2019) Efektifitas Peer Guidance untuk Meningkatkan Efikasi Diri, Aktivitas dan Kedisiplinan Belajar Mandiri Siswa di SMP Hati BBS Kraksaan Probolinggo. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43832.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview
Official URL: http://repository.ut.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan agar siswa marnpu mencapai tujuan pembelajaran. Negara kita sebagai Negara berkembang narnun prestasi belajamya masih dalam kategori rendah. Pemerintah Indonesia menawarkan kurlkulum 2013 untuk meningkatkan capaian prestasi belajar. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berpusat pada siswa atau siswa dituntut aktif dalam belajar. Dalam hal ini siswa memerlukan efikasi diri untuk mengetahui kekurangan pada diri siswas ehingga dapat mengevaluasi diri.Efikasi diri berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa merupakan indicator adanya keinginan siswa untuk belajar secara mandiri. Selain aktivitas belajar diperlukan disiplin belajar. Kedisiplinan belajar adalah salah satu faktor intern siswa dalam mempengaruhi hasil belajar.Namun dalam sekolah berasrama terdapat permasalahan yaitu guru tidak dapat 24 jam memantau siswa. Guru BK perlu strategi untu kmeningkatkan efikasi diri, aktivitas dan kedisiplinan belajar mandiri siswa dengan strategi peer guidance, sehingga diperlukan penelitian efektivitas peer guidance untuk meningkatkan efikasi diri, aktivitas dan kedisiplinan belajar mandiri siswa di SMP HATI BBS Kraksaan Probolinggo. Strategi peer guidance memiliki produk instrument tes dan angket observasi, Produk instrument tes dan angket observasi. Efektivitas dilihat dari peningkatan nilai pretes dan postes dan diukur perbedaannya menggunakan Uji T. Ketiga variable tersebut memiliki perbedaan yang signifikan dari nilai effect size pada tes dan effect size angket observasi, sehingga berdasarkan perhitungan menggunakan uji T dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan nilai tes dan angket observasi efikasi diri, aktivitas dan kedisiplinan belajar mandiri siswa SMP HATI BBS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43832.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi Peer Guidance, Efikasi diri, Aktivitas Belajar Mandiri,Kedisiplinan Belajar Mandiri
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.5 School Discipline (Disiplin Sekolah)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: Praba UT
Date Deposited: 13 Nov 2019 07:27
Last Modified: 18 Nov 2019 01:52
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item