Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Tingkat Sekolah Dasar Di Korwil I Kabupaten Bogor

Sutiah, (2018) Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah Tingkat Sekolah Dasar Di Korwil I Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43877.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengevaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) tingkat sekolah dasar di Korwil I Kabupaten Bogor. Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan minat membaca siswa. Oleh karena itu, perlu adanya program pelatihan yang mampu memotivasi dan memfasilitasi guru untuk dapat menyukseskan program pembudayaan literasi di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian evaluasi model Evaluasi Kirkpatrick. Subjek penelitian pada model Kirkpatrick level 1 dan 2 adalah peserta pelatihan dari 40 sekolah berjumlah 80 orang. Pada level 3 dan 4 adalah 2 orang guru dari 2 sekolah di Korwil I Kabupaten Bogor. Data dikumpulkan menggunakan studi dokumentasi, wawancara, observasi dan angket. Pada penelitian ini dilakukan triangulasi data dengan mengumpulkan aspek yang sama dari berbagai sumber dan dari berbagai teknik pengumpulan data. Aspek yang dievaluasi meliputi respons peserta pelatihan, perubahan pengetahuan, perilaku, dan keterampilan peserta pelatihan, minat membaca siswa dan peran peserta pelatihan dalam program GLS di sekolah. Hasil penelitian pada level l menunjukkan bahwa 88% peserta pelatihan menyatakan puas terhadap program pelatihan; pada level 2 menunjukkan bahwa 70% peserta pelatihan telah memahami strategi pelaksanaan GLS; pada level 3 menunjukkan bahwa satu dari dua peserta pelatihan telah mentrasfer hasil pelatihan pada kegiatan kolektif guru; pada level 4 menunjukkan bahwa siswa sudah dibiasakan untuk membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kesimpulan pertama dari penelitian adalah kriteria kemampuan guru di program pelatihan GLS sudah memuaskan. Guru sudah melakukan sosialisasi GLS, membiasakan kegiatan 15 mernbaca, rnembuat sudut baca, membuat pohon geulis. Kesimpulan kedua adalah masih terdapat kriteria yang belum dilaksanakan yaitu mereviu buku, mendayagunakan majalah dinding, dan menjalin kerjasama dengan pihak luar untuk mendukung program G LS. Berdasarkan hal tersebut maka dapat dikatakan bahwa implernentasi program GLS masih pada tahap pembiasaan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah: 1) perlu adanya kebijakan dari pemerintah kabupaten untuk lebih memotivasi pihak terkait dalam rnenyukseskan GLS; 2) mengadakan program pendampingan GLS di tingkat satuan pendidikan; 3) adanya realisasi dana BOS untuk pernbelian buku nonteks di tingkat sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43877.pdf
Uncontrolled Keywords: Program evaluation, Kirkpatrick Model, literacy rnovement , reading Interest, evaluasi program, Model E'valuasi Kirkpatrick, gerakan literasi,minat baca
Subjects: 000 Generalities > 020-029 Library and Information Science (Perpustakaan dan Ilmu Informasi) > 028.9 Reading Interest and Habits (Kebiasaan Membaca, Minat Baca)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
600 Technology and Applied Sciences > 640-649 Home Economic and Family Living (Kesejahteraan Rumah Tangga dan Kehidupan Keluarga) > 649.7 Moral and Character Training (Pelatihan Pembentukan Moral dan Karakter untuk Anak-anak)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:50
Last Modified: 06 Jan 2020 07:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item