Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pedagogi Genre Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Rahmatillah, Sri (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Pedagogi Genre Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43869.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan versi Thiagarajan yang disebut juga dengan model 4 D,yang terdiri dari Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), Tahap Penyebaran (desimination). Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui pendekatan konstektualmenggunakan model pembelajaran Pedagogi Genre (Membangun konteks, Menelaah Model, Mengonstruksi terbimbing,dan Mengonstruksi Mandiri).sehingga siswa kelas 4 Sekolah Dasar terampil dalam menulis puisi. Metode penelitian yang digunakan kwantitatif deskriptif. Obyek pada penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN 2 dan 5 Dawuhan Situbondo Tahun Pelajaran 2008/2009. Hasil dari analisa data proses pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisimelalui pendekatan kontektual model pedagogi genre menunjukkan keberhasilan, obsevasi keterlaksanaan pembelajaran dari ujicoba terbatas menuju ujicoba luas mengalami kenaikan sebesar I 0% menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan praktis, hasil ketiga jenis tes dari kedua uji coba yang lakukan, mengalami kenaikan untuk tes lisan 0,43%, tes tulis 2,07%, dan tes perbuatan 0,9% hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan efektif . Rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran mengalami kenaikan sebesar 3%. Ini menunjukkan perangkat yang digunakan praktis. Hasil validasi dari validatorpun juga naik yaitu RPP 4%, LKS 5% dan alat penilaian 2% yang menunjukkan bahwa perangkat yang digunakan valid. Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran keterampilan menulis puisi melaluimodel pedagogi genrevalid, praktis dan efektif untuk digunakan dan diterapkan khususnya untuk siswa kelas 4 Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43869.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Devices, Poetry Writing Skills, Genre Pedagogy,Perangkat Pembelajaran, Keterampilan Menulis Puisi, Pedagogi Genre.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 08 Jan 2020 06:44
Last Modified: 08 Jan 2020 06:44
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item