Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gugus Ciburayut Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor

Nirwana, Candra (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SD Gugus Ciburayut Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43736.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA peserta didik sekolah dasar kelas V. Metode yang digunakan dalarn penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2 atau treatment by level. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah dasar,dengan dibagi menjadi dua kelas. Kelas pertama merupakan Kelas Eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sementara kelas kedua yang merupakan Kelas Kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA peserta didik yang menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibanding dengan yang belajar rnenggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat interaksi antara model pembelajran discovery learning dengan model pembelajaran konvensional ditiajau dari berpikir kritis terhadap hasil belajar IPA peserta didik. 3) Terdapat perbedaaan hasil belajar IPA peserta didik yang memliki berpikir kritis tinggi yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebib tinggi dari peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. 4) Terdapat perbedaan basil belajar IPA peserta didik yang memiliki berpikir kritis rendah yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dari peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensiona1.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43736.pdf
Uncontrolled Keywords: learning model, discovery learning, conventional, critical thinking,science learning outcome., Model pernbelajaran, Discovery learning, Konvensional, berpikir kritis, hasil belajar IPA.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 14 Feb 2020 03:49
Last Modified: 14 Feb 2020 03:49
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item