Pengaruh Strategi Pembelajaran (Outdoor Learning Berbasis Literasi Sains, Outdoor Learning Berbasis Literasi Sains Dan Ekspositori, Serta Ekspositori) Dan Minat Belajar (Tinggi, Sedang, Dan Rendah) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Supatmawati, Reni (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran (Outdoor Learning Berbasis Literasi Sains, Outdoor Learning Berbasis Literasi Sains Dan Ekspositori, Serta Ekspositori) Dan Minat Belajar (Tinggi, Sedang, Dan Rendah) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43844.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains, strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains dan ekspositori serta strategi pembelajaran ekspositori dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yang menekankan adanya perlakuan (treatment) pada tiga kelompok belajar yang berbeda. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain faktorial. Dari hasil yang diperoleh pada minat belajar tinggi didapat rerata hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains sebesar 91,25. Rerata dengan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains dan ekspositori sebesar 93,57 dan dengan strategi pembelajaran ekspositori sebesar 80,71. Pada minat belajar sedang didapat rerata hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains sebesar 93,57, dengan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains dan ekspositori sebesar 88,33 dan dengan strategi pembelajaran ekspositori sebesar 69,17. Pada minat belajar rendah didapat rerata hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains sebesar 77,50, dengan strategi pembelajaran outdoor learning berbasis literasi sains dan ekspositori sebesar 82,14 dan dengan strategi pembelajaran ekspositori sebesar 57,86. Terdapat pengaruh interaksi yang tidak signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap basil belajar siswa, didapat nilai F hitung sebesar 1,417 dan F tabel dengan p < 0,05 sebesar 3, 12 dan F tabel dengan p < 0,01 sebesar 4,89. Hal ini menunjukan bahwa nilai F hitung <: F tabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43844.pdf
Uncontrolled Keywords: outdoor learning, scientific literacy, expository, interest in learning,science learning outcomes, outdoor learning, literasi sains, ekspositori, minat belajar, hasil belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:23
Last Modified: 04 Mar 2020 02:23
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8907

Actions (login required)

View Item View Item