Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang

Nurhamidah, (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43931.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang apakah hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery lebih tinggi dari hasil belajar IP A siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ST AD, apakah hasil belajar IP A siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari hasil belajar IP A siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, apakah ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar IPA siswa?. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 065011 Medan Selayang yang berjumlah 60 orang terdiri dari 2 (dua) kelas. Dengan rincian kelas sebagai berikut : kelas V-A berjumlah 30 orang, kelas V-B berjumlah 30 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen dengan faktorial 2x2. Dalam penelitian ini variabel bebas pertama terdiri dari dua karakteristik yakni Discovery dan model pembelajaran STAD. Sedangkan pada variabel bebas kedua (variabel moderator) terdiri dari dua gaya belajar yakni gaya belajar visual dan kinetsetik serta variabel terikatnya adalah hasil belajar IP A. Hasil penelitian dikemukakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa menggunakan strategi discovery dengan strategi STAD. Hasil belajar IPA siswa menggunakan strategi pembelajaran discovery dengan nilai rata-rata 89,20, sedangkan hasil belajar IPA siswa menggunakan strategi pembelajaran ST AD memperoleh nilai rata-rata 82,30, terdapat perbedaan hasil belajar IP A siswa memiliki gaya belajar visual dengan memiliki gaya belajar kinestetik. Siswa yang memiliki gaya belajar visual memperoleb nilai rata-rata basil belajar IPA yaitu sebesar 89,52, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik memperoleh nilai rata-rata adalah 83,10. terdapat interaksi strategi pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa. Dengan hasil uji Anava AxB diketahui bahwa FBh=5,577 dan Fo,osc1,60)= 4,000 dan hasil hitung FB11= 5,577>4,000.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43931.pdf
Uncontrolled Keywords: Learning Strategies, Learning Styles and Learning Outcomes, Strategi Pembelajaran, Gaya Be/ajar dan Hasil Be/ajar
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 09 Feb 2021 07:43
Last Modified: 09 Feb 2021 07:43
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9216

Actions (login required)

View Item View Item