Pembelajaran Tematik dengan Model Discovery Learning Berbasis Pendidikan Karakter Materi Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV

SHOLECHAH, SITI and Sukestiyarno, and Agus Pribadi, Benny (2019) Pembelajaran Tematik dengan Model Discovery Learning Berbasis Pendidikan Karakter Materi Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44280.pdf

Download (45MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Bangsri tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah kelas eksperimen sebanyak 33 siswa dan kelas kontrol 33 siswa. Variabel independen pada penelitian ini adalah karakter rasa ingin tahu, sedangkan variabel dependen adalah hasil belajar siswa. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis butir soal, analisis deskriptif, uji beda rata-rata, dan analisis regresi. Hasil analisis menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran discovery learning berbasis pendidikan karakter untuk meningkatkan rasa ingin tahu pada subtema lingkungan tempat tinggalku pada siswa kelas IV dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Validitas dilihat dari hasil validasi ahli yang mendapat nilai rata-rata dalam kategori baik. Validasi Silabus (4,26), RPP (4,29), Buk:u siswa (3,81), LKS (4,30), Instrumen pengamatan rasa ingin tahu (4,00), Instrument pengelolaan pembelajaran oleh guru (4,14), Angket respon siswa (4,14) dan instrumen tes (4,15). Model praktis dilihat dari kemampuan guru yang baik dalam mengelola pembelajaran (nilai rata-rata 4,14) dan respon positif siswa terbadap pembelajaran (nilai rata-rata 3,96). Efektiftifitas dilihat dari ketuntasan siswa yang melebihi KKM (70), peningkatan hasil belajar siswa, dan pegnaruh rasa ingin tahu terbadap hasil belajar. Hasil uji beda menunjukkan hasil belajar siswa dengan model discovery learning berbasis pendidikan karakter lebih baik dibanding kelas konvensional (t hitung = 5,518 > t tabel = 1,998). Karakter rasa ingin tahu berpengaruh terbadap basil belajar siswa (t = 4,561 > t tabel = 2,040).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44280.pdf
Uncontrolled Keywords: discovery learning learning model based on character education, curiosity, learning outcomes. model pembelajaran discovery learning berbasis pendidikan karakter, rasa ingin tahu, hasil belajar.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:16
Last Modified: 27 Jul 2022 02:56
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9864

Actions (login required)

View Item View Item