MUHARTI, RINA and Pratikno, Budi and Suroyo, (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran The Power of Two dan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional pada Siswa SMP. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44282.pdf Download (22MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 4 Kedung banteng di Banyumas pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 166 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa dengan rincian 25 siswa kelompok the power of two dan 25 siswa kelompok numbered heads together. Pengujian hipotesis menggunakan analisis of varians (Anova) dua arah dan analisis of varians (Anova) satu arah dengan taraf signifakan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the power of two dan numbered heads together terhadap hasil belajar Matematika, dimana strategi pembelajaran numbered heads together lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran strategi pembelajaran the power of two; (2) tidak terdapat interaksi pengaruh antara siswa yang menggunakan strategi pembelajaran the poyyer of two, numbered heads together dan kecerdasan emosional terhadap has belajar Matematika Jadi pembelajaran dengan strategi pembelajaran the power of two maupun numbered heads together dan siswa kelompok kecerdasan emosional rendah maupun tinggi memberikan hasil belajar Matematika yang sama; (3) tidakn terdapat pengaruh siswa dengan kecerdasan emosional tinggi yang menggunakan the power of two dan numbered heads together terhad basil belajar Mate atika; dan (4) terdapat pengaruh siswa dengan kecerdasan emosional rendah yang menggunakan the power of two dan numbered heads together terhadap belajar Matematika Berdasarkan dari perolehan mean, diperoleh bahwa mean (l hasil belajar Matematika lebih tinggi pada strategi pembelajaran numbered heads to ether dibandingkan pada strategi pembelajaran the power of two.
Actions (login required)
View Item |