Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran POE Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Kelas X

WARDANA, ALI (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran POE Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Matematika Kelas X. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
43936.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Model POE (Prediction observation and explanation) Berbasis Kontektual merupakan pembelajaran yang memberikan konsepsi dan motivasi kepada siswa untuk melakukan kegiatan investigasi dan disertai dengan masalah kontekstual. Secara berurutan pemberian pembelajarannya dengan pendekatan kontekstual kepada kelompok siswa kemudian memberikan kebebasan kepada siswanya untuk mengembangkan ide-ide untuk memprediksikan masalah yang diberikan kemudian diajak untuk menguji dan mengamati serta memaparkan hasil penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model POE berbasis kontekstual yang valid, praktis, dan effektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D Thiagarajan yang dimodifikasikan menjadi 3D terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Jenis perangkat yang dikembangkan adalah : 1) Silabus, 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, 3) Lembar Kerja Siswa, 4) Buku Siswa, 5) tes kemampuan pemecahan masalah (TKPM). Subyek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMA Al Muawanah kelas X.l Sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 sebagai kelas kontrol. Variabel penilaian ini adalah motivasi (X) dan hasil tes kemampuan memecahkan masalah (Y). Perangkat pembelajaran valid ditentukan berdasarkan rata-rata skor validasi ahli dengan katagori baik dan perangkat pembelajaran praktis dilihat dari rata-rata skor kepraktisan yang didapat dari angket respon siswa dan pengamatan pengelolaan pernbelajaran oleh guru sedangkan untuk pembelajaran yang effektif menggunakan uji proporsi , uji banding, uji regresi, dan uji gain. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran sebagai berikut : 1) perangkat pernbelajaran yang dikembangkan valid rnenurut validator , 2) perangkat dikatakan praktis karena respon siswa positif dengan skor 84,33% dan kemampuan guru dalam mengelola pernbelajaran dengan skor 4,12 termasuk tinggi, 3) penggunaan perangkat pembelajaran model POE dengan berbasis kontekstual adalah effektif, ditandai dengan tercapainya: a) siswa mencapai ketuntasan secara individual (nilai minimal 70 ) maupun secara klasikal, b) kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas yang menggunakan perangkat model POE dengan berbasis kontekstual lebih baik dibanding kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas dengan metode konvensional, c) adanya pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,63 termasuk katagori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat memenuhi kriteria valid, praktis, dan pembelajaranya efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43936.pdf
Uncontrolled Keywords: POE, contextual, student motivation, problem solving, one variable, Inequality, POE, Kontekstual, motivasi siswa, pemecahan masalah, pertidaksamaan satu variabel.
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.3 Methods of Instruction and Study (Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.33 Teori Pembelajaran & Pengembangan Bahan Ajar
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 03 Aug 2022 01:33
Last Modified: 25 Jan 2024 03:14
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9940

Actions (login required)

View Item View Item