RETNO SARI, YULIKE and Dafik, and Suparti, (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Penguruangan Bilangan Bulat Berbasis Media Pembelajaran Multi Sumber untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44377.pdf Download (37MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran yang membuat pemahaman siswa tentang pendekatan pembelajaran yang inovatif adalah siswa dapat memecahkan masalah matematika yang sulit menjadi mudah diingat. Media dalam penelitian ini berupa rencana pelajaran revisi kurikulum 2013 berdasarkan penguatan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian campuran yang merupakan kombinasi dari metode kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe data interval belajar siswa, sedangkan metode kualitatif akan digunakan untuk menganalisis tipe ordinal keterampilan berpikir tinggi. Responden penelitian terdiri dari du akelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen dari 32 siswa. Analisis implementasi proses media pembelajaran berbasis multimedia teridir dari 5 teknik. Instrument penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis perbedaan hasil prestasi belajar siswa di antara du akelas, sedangkan metode penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas yang menerapkan media pembelajaran berbasis multi sumber. Hasil statistic menunjukkan bahwa (2-tailed) signifikansi dari uji t sampel independent dalam pra-tes adalah 0,000 atau x ≤ 0,05. Ini menyiratkan bahwa implementasi pembelajaran nomor operasi dan pengurangan angka bulat media pembelajaran multi sumber untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa kritis.
Actions (login required)
View Item |