Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Disertai Diskusi Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar IPA

Sukaesih, Esih and Sumantri, M.S and Rahayu, Ucu Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Disertai Diskusi Dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar IPA. In: TING XII, 25-26 Juli 202.

[img]
Preview
Text
Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SD di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat merupakan masalah utama yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang mendorong siswa aktif menemukan dan menganalisa informasi materi yang dipelajari. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA di SD adalah strategi pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery learning disertai diskusi dan self efficacy terhadap hasil belajar IPA Kelas VI SD di Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan strategi pembelajaran discovery learning dengan diskusi sementara kelas kontrol menggunakan strategi pembelajaran discovery learning dengan ceramah. Berdasarkan perhitungan, data hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran discovery learning dengan diskusi dan discovery learning dengan ceramah terhadap hasil belajar IPA, 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA pada siswa yang memiliki self efficacy tinggi dan rendah, 3) Siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran discovery learning dengan diskusi dan memiliki self efficacytinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik. Kata Kunci: strategi pembelajaran discovery learning, self efficacy, hasil belajar IPA

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information (ID): 22/S0030.pdf
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Discovery Learning, Self Efficacy, Hasil Belajar IPA
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Prosiding Seminar UT > Temu Ilmiah Nasional Guru XII
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:07
Last Modified: 02 Oct 2023 07:00
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item