Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir, Bicara, Menulis Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan (Penelitian Eksperimental di SD Kelas 1, Klaster 1, Kabupaten Gunung Putri, Kabupaten Bogor

Asiah, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir, Bicara, Menulis Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan (Penelitian Eksperimental di SD Kelas 1, Klaster 1, Kabupaten Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43539.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think, talk, write dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN Gunung Putri 3, Desa Karanggan, Kabupaten Gunung Putri, Bogor Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2.Hasil penelitian menunjukkan (1)terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent terlihat bahwa mayoritas nilai siswa dengan model pembelajaran 11W (2) terdapat pengaruh gaya kognitif field independent dengan gaya kognitif field dependent terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 yang dibuktikan dengan model pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi kemampuan menulis permulaan siswa sampel. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think, Talk, Write terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1. Berdasarkan penelitian diajukan saran bagi guru, untuk menerapkan model 11W dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran serta merefleksikan terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan guna perbaikan proses pembelajaran dengan menggabungkan berbagai media pembelajaran sesuai dengan tema pembelajaran dalam kurikulum 2013 karena model pembelajaran ini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa secara akademik akan tetapi juga dapat membangun rasa solidaritas, toleransi, percaya diri, perduli, dan saling bekerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43539.pdf
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think. talk, write, Method of learning think, talk, write
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (Metode Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 02:53
Last Modified: 27 May 2019 02:53
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item