Asiah, (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir, Bicara, Menulis Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Menulis Permulaan (Penelitian Eksperimental di SD Kelas 1, Klaster 1, Kabupaten Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43539.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think, talk, write dan gaya kognitif terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 SDN Gunung Putri 3, Desa Karanggan, Kabupaten Gunung Putri, Bogor Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2x2.Hasil penelitian menunjukkan (1)terdapat pengaruh terhadap kemampuan menulis siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent terlihat bahwa mayoritas nilai siswa dengan model pembelajaran 11W (2) terdapat pengaruh gaya kognitif field independent dengan gaya kognitif field dependent terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1 yang dibuktikan dengan model pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi kemampuan menulis permulaan siswa sampel. (3) terdapat pengaruh model pembelajaran Think, Talk, Write terhadap kemampuan menulis permulaan siswa kelas 1. Berdasarkan penelitian diajukan saran bagi guru, untuk menerapkan model 11W dalam pembelajaran sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran serta merefleksikan terhadap proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan guna perbaikan proses pembelajaran dengan menggabungkan berbagai media pembelajaran sesuai dengan tema pembelajaran dalam kurikulum 2013 karena model pembelajaran ini tidak hanya dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa secara akademik akan tetapi juga dapat membangun rasa solidaritas, toleransi, percaya diri, perduli, dan saling bekerjasama.
Actions (login required)
View Item |