Wulandaningrum, Enis Ana (2017) Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43617.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) |
Abstract
Konsep pembelajaran matematika di SD adalah meminimalisir verbalisme pada siswa. Penyampaian materi dengan metode konvensional hanya membuat siswa pasif dalam menerima materi dan cenderung menghafal rumus-rumus matematika. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kontribusi efektif dan fleksibel dalam memahami materi debit yang dianggap sulit adalah menggunakan media 3D dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) menjelaskan proses pengembangan media 3D untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan model pembelajaran kontekstual dengan media tiga dimensi pada materi debit untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika siswa kelas VI, (3) menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran 30, dengan pendekatan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) atau biasa juga disebut dengan penelitian pengembangan. Pengembangan produk ini menggunakan 40 yakni meliputi: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) disseminate (diseminasi). Pengambilan data utama untuk mengetahui keberhasilan produk, dengan populasi seluruh siswa SDN Dandong 1 dan Dandong 2 tahun pelajaran 2016/2017. Sample siswa kelas VI SDN Dandong 2 sebanyak 25 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VI SDN Dandong 1 sebanyak 25 sebagai kelas eksperimen. Uji coba dilakukan di SDN Dandong I. Untuk memvalidasi akurasi hasil penelitian maka digunakan lembar validasi sebagai instrumen penelitian selain itu juga digunakan instrumen yang lain sebagai instrumen pendukung tingkat kelayakan media pembelajaran 30 dinyatakan melalui pengujian para ahli dan uji manfaat pengguna, validasi ahli terhadap RPP penerapan media 3D dan validasi terhadap soal post test menunjukk.an kriteria sangat valid. Dilanjutkan melaksanakan uji lapangan dengan menggunakan lembar post test. Post test diberikan setelah produk selesai diterapkan. Dari hasil tes kemudian dilakukan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Dari analisis dan perbandingan diperoleh kesimpulan akhir bahwa media pembelajaran 3D berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit. Selain itu produk pengembangan media pembelajaran 30 matematika dengan model pendekatan CTL untuk kelas VI semester 1 merupakan produk pengembangan yang valid dan efektif. Ini terbukti dari hasil penelitian pengembang di SDN Dandong 1 bahwa media pembelajaran 3D dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit kelas VI SDN Dandong I Srengat Blitar tahun pelajaran 2016/2017.
Actions (login required)
View Item |