Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Wulandaningrum, Enis Ana (2017) Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img] Text
43617.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Konsep pembelajaran matematika di SD adalah meminimalisir verbalisme pada siswa. Penyampaian materi dengan metode konvensional hanya membuat siswa pasif dalam menerima materi dan cenderung menghafal rumus-rumus matematika. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kontribusi efektif dan fleksibel dalam memahami materi debit yang dianggap sulit adalah menggunakan media 3D dengan menerapkan model pembelajaran pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk ; 1) menjelaskan proses pengembangan media 3D untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika siswa kelas VI, (2) mendeskripsikan model pembelajaran kontekstual dengan media tiga dimensi pada materi debit untuk meningkatkan pemahaman pelajaran matematika siswa kelas VI, (3) menghasilkan produk pengembangan berupa media pembelajaran 30, dengan pendekatan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) atau biasa juga disebut dengan penelitian pengembangan. Pengembangan produk ini menggunakan 40 yakni meliputi: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan), dan (4) disseminate (diseminasi). Pengambilan data utama untuk mengetahui keberhasilan produk, dengan populasi seluruh siswa SDN Dandong 1 dan Dandong 2 tahun pelajaran 2016/2017. Sample siswa kelas VI SDN Dandong 2 sebanyak 25 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VI SDN Dandong 1 sebanyak 25 sebagai kelas eksperimen. Uji coba dilakukan di SDN Dandong I. Untuk memvalidasi akurasi hasil penelitian maka digunakan lembar validasi sebagai instrumen penelitian selain itu juga digunakan instrumen yang lain sebagai instrumen pendukung tingkat kelayakan media pembelajaran 30 dinyatakan melalui pengujian para ahli dan uji manfaat pengguna, validasi ahli terhadap RPP penerapan media 3D dan validasi terhadap soal post test menunjukk.an kriteria sangat valid. Dilanjutkan melaksanakan uji lapangan dengan menggunakan lembar post test. Post test diberikan setelah produk selesai diterapkan. Dari hasil tes kemudian dilakukan uji perbandingan dua kelompok bebas yakni menggunakan uji independent t-test. Dari analisis dan perbandingan diperoleh kesimpulan akhir bahwa media pembelajaran 3D berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit. Selain itu produk pengembangan media pembelajaran 30 matematika dengan model pendekatan CTL untuk kelas VI semester 1 merupakan produk pengembangan yang valid dan efektif. Ini terbukti dari hasil penelitian pengembang di SDN Dandong 1 bahwa media pembelajaran 3D dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan konsep debit kelas VI SDN Dandong I Srengat Blitar tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 43617.pdf
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media 30, Contextual Teaching Learning (CTL), Konsep Debit, 3D Media Development, Debit Concepts
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 370.7 Research and Statistical Methods (MetodeĀ Riset Penelitian Pendidikan)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities (Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.01 Public Schools (Sekolah Negeri)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.102 Teaching (Pendidikan, Pengajaran)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.7 Mathematics for Elementary Education (BerhitungĀ untuk Pendidikan Dasar)
500 Natural Science and Mathematics > 510-519 Mathematics (Matematika)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 27 May 2019 03:50
Last Modified: 27 May 2019 03:50
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8486

Actions (login required)

View Item View Item