Korayani, Dwi (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran contextual Teaching anti Learning (CTL) dan Konsep Diri terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD di Gugus IV Barengkok Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
43748.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SD di gugus IV Barengkok Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogar merupakan masalah utama Yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini, hasil belajar IPA dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif memerlukan dan menganalisa informasi materi yang dipelajari. Salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar IPA di SD adalah strategi pembelajaran contextual Teaching and learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran (CTL) dan Strategi Pembelajaran Konvensional serta konsep diri terhadap hasil belajar IPA di kelas IV Sekolah Dasar gugus IV Barengkok Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen hasil belajar IPA sebanyak 25 soal pilihan ganda dan instrumen konsep diri sebanyak 20 soal. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 36 peserta didik dari kelas IV SDN Cibata sebagai kelas eksperimen dan 36 peserta didik kelas IV SDN Barengkok 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan kluster random sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan strategi pembelajaran CTL. Kelas kontrol mendapat perlakuan dengan strategi pembelajaran Konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians (ANAVA). Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian menunjukan: 1). Terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran CTL dan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA. 2). Terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajara IPA pada peserta didik yang memiliki konsep diri tinggi dan konsep diri rendah. 3 ). Terdapat hasil belajar yang lebih baik bagi peserta didik yang memiliki konsep diri tinggi dengan menggunakan strategi pembelajaran CTL. 4). Terdapat hasil belajar yang lebih baik bagi peserta didik yang memiliki konsep diri rendah dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional. 5). Terdapat pcrbedaan yang signiflkan faktor interaksi kategori strategi pembelajaran CTL, strategi pembelajaran konvensional dan konsep diri terhadap hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information (ID): | 43748.pdf |
Uncontrolled Keywords: | CTR,Self concept and science lerarning outcomes,Konsep diri dan hasil belajar IPA |
Subjects: | 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School (Sekolah Dasar, SD) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.3 Science for Elementary Education (Sains untuk Pendidikan Dasar) 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.9598 Elementary Education in Indonesia (Pendidikan Dasar di Indonesia) |
Divisions: | Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar |
Depositing User: | CR Cherrie Rachman |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 07:10 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 07:10 |
URI: | http://repository.ut.ac.id/id/eprint/8898 |
Actions (login required)
View Item |