Sudirman, Jajang (2018) Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43472.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Penelitian Ini Dilatarbelakangi Oleh Masih Rendahnya Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Mengingat Pentingnya Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Sebagai Dasar Untuk Dapat Berpikir Tingkat Tinggi Dan Dapat Mengaplikasikan Pembelajaran Da1am Kehidupan Nyata. Tujuan Penelitian Ini Adalah I) Untuk: Menganalisis Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Kemampuan Pertahanan Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika, 2)Untuk Menganalisis Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Penguatan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika,3) Untuk Menganalisis Hubungan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Setelah Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Kuasi Eksperimen Dengan Desain Yang Digunakan A Basic Timeseries Design. Populasi Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Seluruh Siswa Kelas V Sekolah Dasar Yang Berada Di Kecamatan Tanjungsari Dengan Sampel Sebanyak Satu Kelas Dari Sekolah SDN Margajaya. Data Penelitian Diperoleh Dari Hasil Tes Siswa Pada Pretes Dan Postes Mengenai Kemampuan Pemahaman Matematis Dengan Teknis Analisis Data Uji T. Data Yang Kedua Yaitu Angket Siswa Pada Pretes Dan Postes Mengenai Disposisi Matematis. Hasil Analisis Pertama Pada Data Pretes Dan Postes Kelas Eksperimen Dengan Taraf Signifikansi 0,05 Memajukan Adanya Peningkatan Yang Signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Hasil Analisis Kedua Data Pretes Dan Postes Kelas Eksperimen Dengan Taraf Signifikansi 0,05 Menunjukan Adanya Penguatan Yang Signifikan Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Disposisi Matematis Siswa. Hasil Uji Korelasi Pearson Menunjukkan r hitung (0,037) < r tabel (0,413) Artinya Tidak Ada Hubungan Antara Pemahaman Materna Tis Dengan Disposisi Matematis. Berdasarkan hasil Analisis Data Dapat Disimpulkan Bahwa Model Pembelajaran Berbasis Masalah Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dan Menguatkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Sehingga Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dapat Menjadi Alternatif Model Pembelajaran Yang Dapat Digunakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Dasar.
Actions (login required)
View Item |