Efektifitas Media Belajar Aplikasi Pembelajaran Denah (Si Raden) Berbasis Software Flash Terhadap Kemampuan Menulis Dan Berbicara Siswa SD (Studi Eksperimen Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran)

Sulistyarini, Anik (2019) Efektifitas Media Belajar Aplikasi Pembelajaran Denah (Si Raden) Berbasis Software Flash Terhadap Kemampuan Menulis Dan Berbicara Siswa SD (Studi Eksperimen Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran). Masters thesis, Universitas Terbuka.

[img]
Preview
Text
44192.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di gugus I Mojo didominasi cara lama yaitu guru menggunakan metode ceramah dan latihan soal tanpa inovasi . Hal ini membuat hasil belajar siswa rendah dan pembelajaran membosankan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media pembelajaran yang menarik yaitu media belajar aplikasi pembelajaran denah Si Raden berbasis software flash. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah (1) untuk menguji efektifitas penggunaan media pembelajaran siraden terhadap kemampuan menulis siswa kelas 4 di gugus 1 Kecamatan Mojo. (2) untuk menguji efektifitas penggunaan media pembelajaran siraden terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 4 di gugus I Kecamatan Mojo. (3) untuk menguji efektifitas media pembelajaran Si Raden dibanding media pembelajaran visual dalam meningkatkan kemampuan menulis dan kemampuan berbicara siswa SD kelas 4. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimental Semu (Quasi Eksperimental Research) dengan model desain pretest posttes control group desaign. Kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Si Raden sedangkan kelas kontrol menggunakan media pembelajaran visual. populasi dari penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar di gugus I Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan media siraden dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 4 di gugus 1 Kecamatan Mojo. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan media siraden dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 4 di gugus 1 Kecamatan Mojo. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan media siraden dibanding penggunaan media pembelajaran visual dalam meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara siswa kelas 4 di gugus 1 Kecamatan Mojo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information (ID): 44192.pdf NIM. 500648564
Uncontrolled Keywords: learning media, writing skill, speaking skillmedia belajar, si raden,flash, kemampuan menulis,kemampuan berbicara
Subjects: 300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 371.36 Project Methods (Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education (Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.6 Language Skills for Elementary Education (Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar)
300 Social Science > 370-379 Education (Pendidikan) > 372.623 Writing Skills for Elementary Education (Kemampuan Menulis untuk Pendidikan Dasar)
Divisions: Tugas Akhir Program Magister (TAPM) > Magister Pendidikan Dasar
Depositing User: CR Cherrie Rachman
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:42
Last Modified: 26 Feb 2021 02:42
URI: http://repository.ut.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item