IQBAL, MUHAMAD and Wibowo, Firmanul Catur and Rumanta, Maman (2019) Pengaruh Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Kontekstual Asli VS Kontekstual Ceramah) dan Minat Belajar (Tinggi dan Rendah) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Masters thesis, Universitas Terbuka.
|
Text
44148.pdf Download (19MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Timu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu mata pelajaran yang jarang disukai oleh siswa. Beberapa penyebabnya adalah materinya yang banyak dan sulit dipahami, serta cara mengajar guru yang kurang cocok dan tidak menarik bagi siswa. Guru memakai model pembelajaran yang kurang cocok dan kebetulan sukar dipahami oleh siswa dan membosankan. Hal ini disebabkan kurangnya minat bela jar IPA siswa yang berdampak pada hasil belajar IPA yang sangat rendah bila dibandingkan dengan mata pelajaran lain . Maka dari hal itu seorang guru dituntut untuk menguasai berbagai strategi pembelajaran yang kreatif agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan, serta dapat mencipta suasana pembelajaran yang kondusif yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi pembelajaran yang dimaksud adalah strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih menekankan keterlibatan siswa dalam setiap proses belajar mengajar secara penuh, yang mengaitkan anatara konten mata pelajaran dengan dunia nyata siswa, siswa tidak lagi menunggu informasi dari guru melainkan siswa sendiri yang menemukan konsep belajarnya dengan mengaitkan pengalaman dan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan minat belajar siswa berpengaruh terhadapa hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III Sekolah Dasar dengan menggunakan desain faktorial 2x2. Instrument dalam penelitian ini berbentuk pilihan ganda sebanyak 33 butir soal dan lembar pemyataan sebanyak 22 butir pernyataan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak pengolah data statistik. Uji statistik yang digunakan adalah ANA VA dua jalur (Two Way ANOVA). Berdasarkan hasil analisis data dengan uji ANA VA dua jalur, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil beljar IP A siswa yang di ajar dengan menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (kontekstual asli) dengan siswa lain yang di ajar dengan menggunakan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (kontekstual ceramah). Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji perolehan nilai rata-rata yaitu F hitung > F tabel sebesar 17, 89 > 3.34. Selain itu, terdapat adanya interaksi namun tidak signifikan antara strategi pembelajaran contextual teaching and learning dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPA. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji perolehan nilai rata-rata yaitu F hitung > F tabel sebesar 1,808 > 3.34.
Actions (login required)
View Item |