Yoessana, (2018) Pengaruh Pembelajaran Model Make A Match Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Menulis Pantun Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Terbuka.
Text
43602.pdf - Submitted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa adalah menulis pantun. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, minat siswa rendah terhadap kegiatan menulis pantun, banyak di antara mereka yang mengeluh dan tidak menginginkan tugas tersebut. Selain ito, pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru didominasi oleh ceramah guru, sehingga siswa kurang aktif di dalam kelas. Pembelajaran keterampilan menulis lebih banyak disajikan dalam bentuk teori-teori. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model make a match terhadap kreativitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam menulis pantun di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis metode quasi eksperimen yang digunakan peneliti adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok, satu kelompok sebagai kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok sebagai kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran model make a match, dan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran sehari-hari. Pada penelitian ini, semua populasi kelas IV digunakan, namun sebagai sampel digunakan sebanyak 2 kelas yang berasal dari dua sekolah yaitu dari SDN Gondang dan SDN Pacekulon 2. Instrumen yang digunakan meliputi: (1) tes, dan (2) non tes. Tes yang digunakan adalah pretest dan post test. Kegiatan penilaian non tes ini dengan cam observasi, angket dan wawancara terbatas. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis korelasi Product Moment dan Regresi Linier Ganda. Teknik analisis ini dibantu dengan menggunakan Program Statistik SPSS R.2l. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran model make a match dengan kreativitas belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 1,663. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis pantun dengan model make a match dapat meningkatkan kreativitas siswa menulis pantun secara maksimal dengan memberikan sumhangan efektif terhadap kreativitas belajar yaitu sebesar 6,16%. 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran model make a match dengan hasil belajar menulis pantun dengan koefisien korelasi sebesar 0,916. pembelajaran model make a match memberikan sumbangan efektif terhadap hasil belajar yaitu sebesar 6, 70%. Sehingga dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara pembelajaran model make a match dengan hasil belajar menulis pantun siswa Sekolah Dasar.
Actions (login required)
View Item |